Kompas
Saba Kampus “Pemilu & Peran Media“
Kompas
adalah salah satu media di Indonesia yang bergerak baik di media cetak maupun
media elektronik. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kompas adalah Kompas
Saba Kampus. Tujuannya adalah memperkenalkan serta mendekatkan kinerja media
kepada para mahasiswa kampus dengan mengadakan tour di beberapa kampus. Salah
satunya di Universitas Padjajaran Bandung. Acara ini terselenggara pada tanggal
12 Juni 2014 di Graha Sanusi Hardjadinata Dipati Ukur, Bandung. Adapun
bidang-bidang yang diperkenalkan seperti Fotografi Jurnalistik, Penulisan
Jurnalistik, Graphic Design, Advertising, Research & Development, Business
Development dan Marketing Communication dan Teknologi Informasi. Saya
pun telah 3 kali mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Kompas termasuk
Kompas Saba Kampus.
Namun saya baru kali ini mengikuti Kompas Saba Kampus
karena saya diajak oleh teman saya yang kini menjadi Panitia Kompas Kampus akan
tetapi saya ragu karena kegiatannya berlangsung bukan di kampus saya di UNISBA.
Pada akhirnya saya memilih ikut karena adanya kelas workshop yang saya inginkan.
Saya bersama teman-teman saya yang ikut sepakat berangkat jam 12 siang padahal
acara sudah dimulai jam 8 karena sebelumnya acara Kompas berbentrokkan dengan
kegiatan ujian. Kampus saya berada di Taman Sari sedangkan acara berada di
Dipati Ukur memang jaraknya tidak terlalu jauh namun saya ragu akan
tertinggalnya acara. Akhirnya kami baru datang ketika waktu istirahat dan
melewatkan acara pembuka. Sehingga kami dituntun oleh panitia untuk langsung masuk
ke kelas sharing session sesuai bidang yang telah dipilih sambil membawa
Goddie Bag serta makan siang.
Saya
dan dua teman saya masuk kelas bidang Advertising sedangkan yang lainnya
memilih Marketing Communication. Alasan saya memilih bidang ini karena advertising
benar-benar menantang dan membuat saya mengeksplor lebih banyak akan iklan. Dan
baru-baru ini saya selesai mengambil mata kuliah manajemen periklanan sehingga
benar-benar penasaran apakah yang telah dipraktekan dikelas sama dengan apa dikerjakan
di Kompas juga. Ternyata beda! Maksudnya, di Kompas lebih diajarkan mengenai
iklan dimedia cetak sedangkan di kampus cenderung pada media elektronik
meskipun berbeda namun makin bertambahnya pengetahuan.
Dikelas ini diajarkan
bagaimana menghadapi client yang akan beriklan, tugas yang ada dalam
satu departemen divisi periklanan itu sendiri serta bentuk-bentuk iklan dalam
sebuah media cetak. Setelah selesai sharing session acara selanjutnya
adalah acara penutup di Graha Sanusi Hardjadinata dimana dikumpulkannya kembali
seluruh peserta kurang lebih berjumlah 400 orang. Acara berlangsung lebih
santai yakni Coffee break di sore hari dengan pembahasan program intership yang
dilanjutkan dengan pemberian hadiah serta doorprize dipenghujung acara. Acara
selesai sekitar pukul 19.00 wib yang diakhiri dengan pemberian sertifikat oleh
Kompas.
(Sertifikat Seminar dan Workshop Roadshow “Kompas Saba Kampus”)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar